Profil Singkat Khoirul Amin, Direktur LBH Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam

  • Whatsapp
Profil Singkat Khoirul Amin, Direktur LBH Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam
Khoirul Amin, SH. Direktur Lembaga Bantuan Hukum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam

Khoirul Amin, SH adalah Managing pada LAW FIRMAMIN & ASSOCIATES” dan Direktur Utama Lembaga Bantuan Hukum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam (LBH PP-GPI) sejak 2014 hingga sekarang. Selain itu juga menjabat sebagai Sekretaris Advokat Peduli Ulama & Umat Republik Indonesia (APU-RI). Sebelumnya, Amin sempat menjadi Associate pada Kantor Hukum “JHON AZIS & Associates Law Firm”.

Amin merupakan pria kelahiran Lamongan. Dia merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta pada tahun 2008 silam. Sedangkan masa SD, SLTP hingga SLTA Ia habiskan di tanah kelahirannya di Lamongan.

Read More

Selama masa studi di Yogyakarta, Amin telah malang-melintang di sejumlah organisasi. Bahkan Amin tercatat pernah menduduki posisi sebagai Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta pada periode 2005-2008.

Keaktifan Amin di dunia Gerakan dan sejumlah organisasi memberikan ruang kepada dirinya untuk terus mengembangkan diri. Pengalaman berorganisasi Amin begitu mentereng. Selain itu, dalam bidang hukum, keilmuan yang digelutinya Amin juga cukup mumpuni.

Di dunia pergerakan mahasiswa, tahun 2003-2004 dia menjabat sebagai Ketua Rayon Fakultas Hukum PMII Universitas Cokroaminoto Yogyakarta. Pada saat yang bersamaan tahun 2003-2005 dia menjabat Ketua Dewan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Cokroaminoto Yogyakarta.

Amin juga sempat menjabat sebagai Ketua II Dewan Pengurus Daerah KNPI Kota Yogyakarta periode 2006-2009, Pengurus PMII Cabang Yogyakarta periode 2006-2009. Ketua Umum lkatan Siswa Mahasiswa Lamongan (ISMALA) DIY periode 2007-2009. Wakil Sekretaris Dewan Pengurus Daerah KNPI Provinsi DKI Jakarta periode 2015-2018, serta Dewan Syuro Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam (PW-GPI) Jakarta Raya pada 2015-2018 dan 2019-2022.

Selain itu, pria kelahiran Lamongan ini juga sempat menjabat Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia periode 2007-2011. Pengurus Eksekutif Bidang Advokasi Kebijakan Publik LSM OaSE Yogyakarta “Social Organization of Empowering” pada 2010-2013 dan Direktur Utama Yayasan Gerakan Perubahan Indonesia. Serta Direktur “Pilar Media Grup” sebuah grup perusahaan media yang menaungi 10 perusahaan media online nasional.

Profil Singkat Khoirul Amin, Direktur LBH Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Islam
Khoirul Amin, SH. Direktur Pilar Media Grup

Lebih lanjut, guna mengembangkan pengetahuan dan pengalamannya tentang hukum di luar pendidikan formal, Amin juga aktif mengikuti sejumlah kegiatan Diskusi, Seminar, Workshop, Focus Group Discussion, baik sebagai peserta ataupun pemateri. Selain aktif mengikuti kegiatan, Amin juga tercatat beberapa kali menjabat sebagai Ketua panitia kegiatan, baik local maupun nasional. Dan juga menjadi anggota panitia Adhoc Dewan Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Yogyakarta, untuk merumuskan sebuah Lembaga Mahasiswa yang ideal.

Secara khusus, tahun 2003 Amin mengikuti Training Advokasi dan HAM Lintas Jawa-Bali yang diselenggarakan oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon. Dan Pendidikan Khusus Profesi Advokat yang diselenggarakan oleh Perhimpunan advokat Indonesia. Yang bekerjasama dengan Universitas Islam Indonesia Angkatan XVI pada tahun 2010.

Related posts